Rabu, 14 Januari 2015

Muhammad Farhansyah Ibrahim (LQ01-17) - TFI (Bimbel) - Pertemuan ke 2.

Pada hari Rabu, 15 Oktober 2014, saya kembali menjalani program Bimbel dari TFI bersama kelompok CB saya di Kampus Anggrek. Berbeda dengan seminggu sebelumnya, dimana saya terpisah dengan kelompok saya dan mengajar di kelas 426, kali ini saya bersama kelompok saya mengajar siswa SD di balkon lantai 3.

Kemudian setelah menunggu 15 menit, siswa yang saya ajari sebelumnya (yang bernama Salwa), tidak hadir pada pertemmuan kali ini. Saya mencari siswa baru yang belum mendapatkan pengajar, dan saya bertemu dengan siswa kelas 2 SD asal SD 09 Palmerah bernama Azhar Darda. Saya pun berkenalan dengan dia. Azhar pun membuka catatannya dan meminta untuk belajar Matematika.

Saya memulai mengajar dengan materi yang sama sepert minggu sebelumnya, yaitu perkalian. Azhar dapat mengerjakan latihan soal yang saya berikan dengan lancar, namun walaupun dapat mengerjakan soal dengan cepat, dia kurang teliti dalam memberikan jawaban. Saya pun kembali melatih dia dengan memberikan 10 soal pertambahan dan pengurangan yang cukup menantang. Ia pun menyelesaikan latihan yang saya berikan dengan 8 soal yang benar.

Lalu saya pun mengecek buku catatan pelajaran Bahasa Inggris milik Azhar. Ternyata di sekolahnya juga diajari pelajaran Bahasa Jepang. Namun karena saya tidak mengerti bahasa Jepang maka saya hanya mengajari bahasa Inggris saja ._. Saya pun menulis berbagai macam benda dalam bahasa Inggris dan menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia. Namun 15 menit sebelum selesai belajar, ia meminta untuk belajar Matematika lagi. Saya pun kembali memberi ia latihan soal pertambahan, pengurangan dan perkalian.

Tak terasa 2 jam sudah berlalu. Kali ini para volunteer meminta para pengajar (kami) untuk berkumpul untuk diberikan pengarahan lebih tentang bimbel. Karena saya tidak sempat meminta volunteer untuk berfoto saya pun berfoto sendiri dengan Azhar ._. Lalu Azhar pun berbaris dan diserahkan kepada para volunteer senior yang akan memulangkan para siswa SD ke orang tuanya masing-masing. Usai pengarahan, kami pun absen dan langsung turun ke lantai bawah untuk pulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar