Rabu, 14 Januari 2015

Irfan Setiawan(LQ01-12)-TFI (Bimbel)- Pertemuan ke-2

Kegiatan TFI Pertemuan 2


            Rabu, 15 Oktober 2014, saya beserta teman-teman kembali mengajar di Kampus Anggrek. Tetapi ada perbedaan dengan minggu sebelumnya, pada waktu itu kami mengajar di dalam kelas/ruangan 402, hari ini kami mengajar di balkon lantai 3.

Pada kesempatan kali ini, saya masih mengajari Alif pelajaran matematika dasar. Pertama-tama, saya berikan dia soal-soal penjumlahan dan pengurangan, tetapi digitnya bukan hanya puluhan saja, melainkan hingga ratusan (3 digit). Setelah dia selesai mengerjakan soal-soal tersebut, saya ujikan lagi dia dengan perkalian 1-5 seperti minggu lalu.

Pada saat saya ujikan, ternyata dia masih belum terlalu hafal, lalu saya menyuruh dia untuk menghafalkan kembali perkalian tersebut. Sekitar 15 menit kemudian setelah dia selesai menghafal, saya ujikan lagi, dan dia masih belum sepenuhnya hafal, saya tanya masih ada yang jawabnya terlalu lama atau bahkan ada sebagian yang salah. Sebagai contoh, ketika saya tanyakan dia perkalian 5 x 8, dia menjawab 42. Tetapi sebagian besar dia dapat menjawab dengan tepat. Kemudian saya mengajari dia perkalian puluhan (2 digit), misalnya 24 x 3.


Waktu berjalan cepat, tidak terasa sudah hampir jam 5 sore. Sebelum kegiatan belajar mengajar berakhir, saya berikan dia pekerjaan rumah agar dia dapat berlatih. Tiba juga waktu jam 5, dia beserta murid lain disuruh kakak dari TFI untuk berbaris, sementara para sukarelawan CB TFI, termasuk saya, disuruh berkumpul di kelas untuk diberikan pengarahan dan juga untuk absensi kehadiran. Setelah itu kami pulang ke tempat tinggal masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar