Rabu, 14 Januari 2015

Irfan Setiawan(LQ01-12)-TFI (Bimbel)- Pertemuan ke-3

Kegiatan TFI Pertemuan ke-3

Hari Rabu, 22 Oktober 2014, merupakan hari ketiga saya mengajar melalui program Teach For Indonesia. Saat itu adalah minggu GSLC. Namun, hal tersebut tidak mematahkan semangat kami untuk tetap mengajar.

Pada jam 3 sore, saya menuju lokasi belajar yang terakhir, yaitu di balkon lantai 3. Tapi ternyata saya tidak melihat ada siswa SD satupun juga. Lalu saya menuju ke lantai 4, saya lihat balkon dan ruangan 402 tidak ada orang sama sekali. Akhirnya saya beserta teman-teman mengunjungi kantor TFI di basement kampus Anggrek. Kami diberitahukan bahwa lokasi mengajar saat ini adalah di ruangan 324, 325, dan 327.

Setelah tiba di lokasi, saya mencari murid saya, yaitu Alif Marwan. Beberapa saat kemudian, saya di disuruh oleh volunteer senior untuk pindah ruangan. Setibanya di ruangan tersebut, saya bertanya ke Alif, apakah PR yang saya berikan minggul lalu sudah dikerjakan. Namun, dia sama sekali belum mengerjakan. Saat itu juga saya membahas PR tersebut.

Kemudian saya mengajari dia materi baru, yaitu pembagian. Tetapi proses mengajar tersebut tidak berjalan lancar. Yang menjadi penyebabnya adalah Alif masih belum hafal tabel perkalian 1-10. Sebagai contoh, saya berikan dia soal 14 : 2. Saya terangkan dia, angka berapa yang dikalikan dengan 2 hasilnya adalah 14. Dia tidak dapat menjawab pertanyaan tersebut. Jawabannya adalah 7, karena 2x7 = 14.

Karena dia belum hafal perkalian, maka saya tidak dapat mengajarkan dia pembagian. Pada akhirnya, saya menyuruh dia untuk menghafalkan lagi perkalian.

Tak terasa jam sudah menunjukkan pukul 5 sore. Kegiatan belajar mengajar telah berakhir. Saya meminta volunteer senior untuk difoto bersama dengan Alif. Kemudian saya beserta para volunteer lain disuruh berkumpul untuk di evaluasi dan untuk mengisi absen kehadiran. Setelah evaluasi selesai kami pun pulang menuju tempat tinggal masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar