Rabu, 14 Januari 2015

Irfan Setiawan(LQ01-12)-TFI (Bimbel)- Pertemuan ke-4



Kegiatan TFI Pertemuan Ke-4




Hari Rabu, tanggal 29 Oktober 2014, merupakan hari keempat saya mengikuti program TFI sebagai seorang pengajar murid sekolah dasar, lebih tepatnya kelas 2 SD. Sebelum mengajar, saya mengunjungi kantor TFI yang berlokasi di basement Kampus Anggrek untuk melihat dimana tempat mengajar pada hari ini. Setelah itu saya bergegas menuju tempat tersebut agar tidak terlambat.

Sesampainya di kelas, saya mencari murid saya, Alif Marwan, tetapi temannya berkata kalau dia hari ini tidak masuk. Setelah beberapa saat, akhirnya saya ditugaskan oleh volunteer TFI senior untuk membimbing anak-anak di kelas besar.

Pada kesempatan kali ini, materi yang diajarkan di kelas besar adalah bahasa inggris. Topiknya tentang binatang, buah-buahan, serta sayur-sayuran. Pertama-tama, volunter senior menulis nama binatang, buah, dan sayuran menggunakan bahasa inggris. Lalu, setelah itu mereka bahas definisi/terjemahannya ke dalam Bahasa Indonesia.

Para volunteer TFI CB1, yaitu saya dan kawan-kawan masing-masing harus maju ke depan kelas untuk  menjelaskan dan menerjemahkan kata-kata yang sudah ditulis tadi, secara bergantian. Setelah itu, kakak-kakak volunteer senior menunjukkan gambarnya, misalnya buah markisa seperti apa rupanya, melalui google image. Kemudian, mereka memutarkan video edukasi tentang nama-nama binatang, serta rupanya.

Menurut saya metode pembelajaran tersebut sangat efektif, membuat anak-anak lebih cepat mengerti dan tidak bosan.

Tidak terasa waktu mengajar telah habis. Sebelum pulang, seperti biasa, diadakan evaluasi serta pengisian absen. Setelah itu kami semua pulang menuju tempat tinggal masing-masing.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar