Rabu, 14 Januari 2015

Febriyan Ramadhan (LQ01) - TFI (Bimbel) - Pertemuan Pertama


        Rabu, 8 Oktober 2014. Hari ini adalah hari pertama saya melaksanakan kegiatan Teach For Indonesia (TFI) sebagai volunteer menjadi pembimbing belajar, Kegiatan dimulai pukul 3 petang di Kampus Anggrek. Saya bersama teman-teman saya berkumpul di lantai 4 ruang 402 untuk diberikan pengarahan dari TFI dengan tugas utama mengajar siswa sekolah dasar.


        Pertemuan pertama adalah perkenalan. Kami memperkenalkan diri masing-masing. Teman yang saja ajari bernama Ferry, kelas 2 sekolah dasar. Saya akan menganggap Ferry bukan sebagai murid tetapi sebagai teman karena itu adalah visi saya untuk mencapai kesuksesan bersama. Pada satu jam pertama yang saya gunakan hanya percakapan dengan tujuan mengenal cara belajar Ferry lebih baik. Kemudian, satu jam terakhir saya gunakan untuk konstultasi masalah Ferry di sekolah dengan bahan pelajaran kurikulum sekarang yang dianggap lebih sulit dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya. 

        Saya mengajari Ferry matematika dasar, yaitu penjumlahan dan pengurangan. Ferry dalat menguasi penjumlahan dan pengurangan satu digit maka saya mengutamakan mengajari dia penjumlahan dan pengurangan dua sampai tiga digit. Saya mengajari dia dengan konsep menghitung dengan jari sebagai permulaan dan Ferry dapat menguasainya dengan mudah.

        Waktu habus, saya membekali Ferry dengan pekerjaan rumah. Kegiatan diakhiri pukul 5 sore. Sebelum berpisah, saya menyempatkan diri untuk mendokumentasikan Ferry dengan teman-temannya. Setelah mendokumentasikan, saya mengantar Ferry bersama teman-teman menuju lantai satu untuk bertemu orang tua mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar