Rabu, 14 Januari 2015

Febriyan Ramadhan (LQ01) - TFI (Bimbel) - Pertemuan Ketiga

            Rabu, 22 Oktober 2014. Hari ini adalah hari ketiga saya sebagai pengajar Ferry. Seperti biasa saya dan teman-teman memulai kegiatan pukul 3 petang.

 Pada pertemuan ini ada perbedaan dari cara saya mengajar Ferry sebelumnya. Saya mengevaluasi diri, untuk mencapai hasil yang maksimal dibutuhkan konsentrasi dan keseriusan. Sebelumnya, kebanyakan waktu yang saya gunakan dengan tertawa untuk saling menghibur. Namun, sekarang saya mengajar Ferry dengan keseriusan supaya Ferry dapat berkonsentrasi dalam mengerjakan soal terutama perkalian dan pembagian.


          Mengingat pada pertemuan sebelumnya saya memberikan pekerjaan rumah menghafal perkalian untuk Ferry, maka saya langsung mengadakan sesi tanya jawab untuk perkalian tersebut. Ferry mampu menghafal perkalian 1 sampai 3 namun perkalian 4 sampai 5 tidak dapat dia hafalkan. Saya memberikan waktu lebih untuk Ferry menghafal perkalian 4 sampai 5. Membutuhkan waktu yang lama untuk mengahafal. Saya memberikan dia kesempatan untuk berhitung di atas kertas. Ferry tidak cepat dalam menghafal akan tetapi dia punya kemampuan berhitung di atas kertas dengan baik.


        Berlanjut ke tahap berikutnya, saya mengajarkan Ferry pembagian dengan konsep gambar. Misalnya, 10 dibagi 2, saya menggambar 10 bintang dan masing-masing bintang tersebut memiliki satu teman, berapa banyak 1 pertemanan yang dimiliki oleh 10 bintang, jawabannya adalah 5. Ferry dapat memahami konsep yang saya ajarkan dengan baik. Saya memberikan dia soal pembagian dan dia dengan senang hati mengerjakannya. Ferry tidak mengalami masalah apapun dalam bidang pembagian. Saya memberikan pekerjaan rumah untuk Ferry.


          Seperti biasa, waktu yang memisahkan kita. Kegiatan belajar mengajar telah berakhir. Saya dan teman-teman berkumpul di ruangan untuk evaluasi dan mengisi absen kehadiran.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar