Rabu, 14 Januari 2015

Irfan Setiawan(LQ01-12)-TFI (Bimbel)- Pertemuan ke-1

Kegiatan TFI Pertemuan 1            

Hari Rabu, 8 Oktober 2014, merupakan hari pertama saya mengajari siswa sekolah dasar melalui program Teach For Indonesia (TFI). Pada jam 3 sore di Kampus Anggrek, saya beserta teman-teman berkumpul di lantai 4, tepatnya di ruangan 402 untuk diberikan pengarahan oleh kakak dari TFI, lalu kami di haruskan mengajar murid yang telah ditentukan.

            Saya mendapatkan jatah mengajar siswa yang bernama Muhammad Alif Marwan, yang berasal dari sekolah SDN 21 Pagi. Dia adalah murid kelas 2 SD. Pada pertemuan tersebut saya mengajari dia pelajaran matematika dasar, yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Namun, yang saya tekankan adalah perkalian. Pertama-tama, saya uji terlebih dahulu soal-soal penjumlahan dan pengurangan, ketika Alif sudah bisa, saya ajarkan perkalian.  
       
            Saya membantu dia menghafalkan perkalian dengan menggunakan tabel perkalian yang dia miliki, lalu saya ujikan. Saya menyuruh dia menghafalkan sampai perkalian 5, karena dia mengklaim bahwa dia sudah bisa perkalian tapi hanya terbatas hingga perkalian 5. Sekitar 15 menit kemudian, saya tanyakan perkalian tersebut, tanpa dia boleh melihat tabel. Ketika saya tanyakan secara urut, dia dapat menjawab sebagian besar pertanyaan saya dengan benar, tetapi bila saya tanyakan secara acak, dia mulai nge-blank. Saya suruh dia menghafalkan lagi hingga dia bisa.


            Tidak terasa 2 jam telah berlalu. Jam menunjukkan saat itu sudah jam 5 sore, waktu kegiatan belajar mengajar selesai juga. Sebelum pulang saya menyempatkan diri untuk minta difoto oleh kakak yang mengawasi kelas. Setelah itu saya keluar kelas lalu mengisi absen. Kemudian saya beserta teman-teman mengantar siswa-siswi SD yang tersisa menuju ke lantai satu, lalu mengantar dan memastikan mereka kembali ke orang tua masing-masing.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar